Tayangan Laman

Sabtu, 13 Oktober 2012

Berpetualang dalam Pramuka

Untuk berpetualang bisa dilakukan dengan berbagai macam aksi, bisa dengan jalan kaki, naik sepeda, bahkan naik motor atau mobil bagi yang memiliki SIM dan kendaraannya. Kolaborasi petualangan dengan menggunakan kendaraan, sepedan dan jalan kaki tentu akan semakin seru.

Petualangan usahakan di tempat yang belum kamu kenal, sehingga ada banyak wawasan baru yang bisa kamu dapatkan. Tapi berpetualang di tempat yang sudah dikenal juga tidak buruk. Yang penting lagi dari kedua hal tadi adalah faktor keamanan dan keselamatan musthi menjadi perhatian utama.

Bukan saja melintas alam, dalam petualangan pramuka juga harus melakukan kegiatan yang bermanfaat, seperti bakti sosial, memberikan bantuan bagi masyarakat setempat, penghijauan maupun dokumentasi untuk dipromosikan kepada dunia luar tentang keindahan lokasi tersebut.

Jangan pernah merusak alam, adalah peringatan penting yang harus dipatuhi oleh pramuka dalam berpetualang. Termasuk hal-hal yang paling sederhana seperti membuang bungkus permen. Usahakan alam semakin jernih ketika kita berpetualang di area tersebut, bukan malah kita datang, alam tambah rusak.




Persiapkan pula bekal yang cukup selama berpetualang, termasuk hal-hal yang bersifat emergency, sehingga kalau ada masalah di tengah jalan bisa segera diatasi dengan baik. Ketrampilan dasar survival dan ketrampilan petualangan lain tentu akan sangat menunjang kenyamanan petualangan. 

Ayo segera siapkan alat dan bekalmu, kita segera berangkat berpetualang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar