1. REBUT DAN RAMPAS
Peralatan: Tongkat atau sapu lidi untuk tiap anak
Jumlah pemain: bebas
Waktu: 10 menit
Tujuan: Melatih kecekatan & Melatih
kesetiakawanan
Unsur hiburan
Semua anak membentuk lingkaran dengan jarak
kira-kira 1 meter.Semakin ahli, jaraknya dapat semakin jauh. Tiap anak
memegang tongkatnya hingga berdiri tegak di lantai. Bila ada perintah
"ya" tiap anak harus melepaskan tongkatnya dan cepat-cepat menangkap
tongkat teman di sebelah kanannya. Bila tongkat itu sudah keburu jatuh, maka
ia dikeluarkan. Permainan ini sangat menyenangkan dan dapat
bervariasi.Jarak antar anak dapat diperbesar bila anak-anak sudah mampu,
perintah dapat berupa "kiri" atau "kanan". Bila ingin
permainan lebil lama, maka setelah jatuh 3 kali baru dikeluarkan.
2. PETANI DAN PENCURI
Peralatan: Karet gelang atau
tali, kantong kacang, atau potongan kain
atau agar tampak sungguhan, sebuah apel.
Jumlah pemain: bebas
Waktu: 8-10 menit
Tujuan: Melatih kecepatan
Unsur hiburan
Anak-anak membentuk lingkaran dan seorang anak,
yang jadi pencuri disuruh keluar ruangan. Selagi ia diluar, seorang anak
ditunjuk sebagai petani. Sebuah benda ditaruh di tengah
lingkaran. Pencuri tadi datang dan berjalan diluar lingkaran. Ia bisa
memasuki lingkaran dari mana saja dan mencuri benda itu. Petani harus
menangkapnya pada saat pencuri menyentuh benda tersebut. Pencuri itu harus
lari
keluar dari lingkaran lewat jalan masuk tadi dan ia selamat bila ia dapat keluar tanpa tertangkap. Bila ia tidak tertangkap, maka petani itu harus jadi pencuri dan dipilih petani baru..
keluar dari lingkaran lewat jalan masuk tadi dan ia selamat bila ia dapat keluar tanpa tertangkap. Bila ia tidak tertangkap, maka petani itu harus jadi pencuri dan dipilih petani baru..
3. ARUNG
JERAM
Tujuan:
a. Kerja
sama tim.
b. Kekompakan
regu.
c. Yang
kuat membantu yang lemah.
d. Menetapkan
bersama trategi manajemen secara tepat.
e. Menempatkan
diri saat bertindak / menjalankan tugas.
Alat:
a. Tali
besar (diameter 4-5 cm / seukuran tali Perahu). (panjang tali sesuaikan dengan
anggota regu yang bermain.)
b. Kedua
ujung tali di ikat dengan kuat.
Pelaksanan:
a. Semua
anggota regu duduk melingkar dengan kedua kaki menjulur (selonjor) ke dalam
lingkaran.
b. Tiap
anggota regu kedua tangannya memegang tali, jarak antar anggota regu 0,5 - 1
meter. Jarak semakin dekat semakin baik.
Peraturan:
a. Semua
anggota regu berupaya untuk berdiri secara bersama-sama.
b. Saat
mencoba berdiri, kedua kaki / lutut tidak bisa ditekuk (Tetap Lurus)
c. Setelah
dapat berdiri bersama, kemudian berupaya duduk bersama kembali.
d. diupayakan
jangan ada peserta yang terjatuh.
4. STICK
GOYANG
Tujuan:
a. Menjalin
Kerja sama dan toleransi antar anggota.
b. Belajar
saat menerima dan kapan harus memberikan kesempatan kepada yang lain.
c. Berlatih
menghadapi segala rintangan atas dasar kebersamaan.
Alat:
a. Tali
Pramuka / bisa rafia. Sejumlah
peserta.
b. Tongkat
/ Balok / papan kayu / Bambu. Panjang
(2 - 3 meter) Diameter bebas.
c. Aneka
Halang rintang.
Pelaksanaan:
a. Tiap
anggota regu berhak memegangi utas tali. bisa kanan atau
kiri
b. Ditengah
atraksi utas tali, diletakkan balok / bambu dengan tali dalam kondisi kencang.
c. Regu
Menempuh suatu perjalanan penuh rintangan dengan jarak bebas.
d. Regu
dengan waktu tempuh tercepat dan balok / bambu tidak pernah jatuh itulah yang
terbaik
e. Rintangan
dapat dibuat sedemikian rupa, sehingga perjalanan membawa balok / bambu nampak
penuh tantangan. (Melebar,
menyempit, lompat, naik dan turun)
5. BAUT BARISAN
Tujuan:
Agar seluruh peserta bisa
berkenalan lebih jauh, fisik maupun sifat-sifat mereka, sekaligus melatih
mereka bekerjasama dalam kelompok.
Langkah-langkah:
a. Peserta
di bagi dalam 2 kelompok yang sama banyak (bila jumlah peserta ganjil, seorang
pemandu bisa masuk ke dalam salah 1 kelompok).
b. Pemandu
menjelaskan aturan permainan sebagai berikut:
1. Kedua
keompok akan berlomba menyusun barisan. Barisan diurutkan berdasarkan
aba-aba pemandu: tinggi badan, panjang rambut, usia dst.
2. Pemandu
akan menghitung sampai 10, kemudian kedua kelompok, selesai atau belum, harus
jongkok.
3. Setiap
kelompok secara bergantian memeriksa apakah kelompok lawan telah melaksanakan
tugasnya dengan benar.
4. Kelompok
yang menang adalah kelompok yang melaksanakan tugasnya dengan benar dan cepat
(bila kelompok dapat membereskan tugasnya sebelum hitungan ke 10 mereka bisa
langsung jongkok untuk menunjukkan bahwa mereka telah selesai melakukan tugas).
c. Sebelum
pertandingan di mulai bisa dicoba terlebih dahulu untuk memastikan apakah
aturan mainnya sudah dipahami dengan benar.
6. bercermin
Latihan yang menyenangkan
ini digunakan untuk mendiskusikan perasaan dan sikap dalam menuntun dan
mengikuti orang lain. Acara sore yang baik.
Prosedur:
a. Setiap
peserta memilih pasangannya dan berdiri berhadapan dengan tangan ke atas dalam
jarak kira-kira sejengkal. Mereka menirukan gerak pasangannya, layaknya
sebuah cermin, demikian bergantian sesuai dengan keinginan mereka.
b. Untuk
putaran kedua, pasangan melanjutkan bercermin, tapi kali ini kedua tangannya
bersentuhan dengan lembut.
c. Pada
putaran ketiga, mintalah mereka merapatkan tangan dengan kuat, dan melanjutkan
menuntun mengikuti bergantian.
Bahan diskusi:
1. Apa bedanya
antara ketiga pengalaman tadi?
2. Bagaimana
perasaan Anda pada setiap latihan menuntun dan mengikuti tadi?
3. Apakah
persamaan yang Anda temukan dalam hal menuntun dan mengikuti dengan kenyataan
sehari-hari?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar